Sabtu, 08 Februari 2020

50 FAKTA UNIK TENTANG FILIPINA


semestafakta-philipina map

1. Filipina menempati ranking ke-12 negara paling padat di dunia, dengan penduduk sekarang mencapai 100 juta orang.
2. Filipina dan Taiwan dipisahkan oleh Terusan Bashi di sebelah utara dan dipisahkan dengan Borneo oleh Laut Celebes di sebelah selatan
3. Menurut sensus tahun 2000, 52 juta orang Filipina berbahasa Inggris, dan menjadi negara berbahasa Inggris terbesar kelima setelah Amerika, India, Pakistan dan Inggris.
4. Terdapat 125 sampai 170 bahasa yang diguakan di Filipina, seperti bahasa Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon, Bicolano, Waray, dan Kapampangan.
5. Istilah Inggris “boondocks” sebenarnya berasal dari istilah Filipina, yaitu dari bahasa Tagalog untuk “gunung”, yaitu “bundok”
6. Filipina mempunyai lebih dari 200 gunung, meski hanya beberapa yang masih aktif.
7. Sungai paling panjang di Filipina adalah Sungai Magat atau Sungai Cagayan.
semestafakta-Magat River
8. Bendera Filipina adalah satu-satunya bendera di dunia di mana warnanya dapat dibalik, yakni dalam keadaan perang pita atas berwarna merah dengan dasar biru, dan dalam keadaan damai adalah kebalikannya.
semestafakta-philipina flag
9. Tiga bintang dalam bendera Filipina menunjukkan pulau Luzon, Mindanao dan Panay. Proklamasi kemerdekaan pada tahun 1898 adalah untuk ketiga pulau tersebut. Bintang besar ditambahkan untuk memperingati tempat dimana revolusi Spanyol dimulai. Delapan sinar matahari menunjukkan kota Manila, Cavite, Bulacan, Pampanga, Nueva Ecija, Bataan, Laguna, dan Batangas.
10. Di kompleks gua Tabone ditemukan fosil Homo Sapiens. Menurut peneliti, kompleks ini telah dihuni selama kurang lebih limapuluh ribu tahun yang lalu.
semestafakta-Tabon Cave Complex
11. Di Filipina ada petak sawah terasering di lereng-lereng pegunungan, yang sudah berumur duaribu tahun yang lalu dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.
semestafakta-Rice Terraces
12. Dari top 10 Situs Warisan Dunia UNESCO di Filipina, ketujuh situs berada di pulau Luzon, yaitu Terasering persawahan padi, Taman Nasional Batu Karang Apo di Mindoro, Taman Nasional Gunung Iglit-Bacu di Mindoro, Rumah Kolonial Vigan Kuno di Ilocus Sur, Gereja Santa Maria di Ilocus Sur, Geeja San Agustin di Manila dan Gereja San Agustin di Ilocos Norte.
semestafakta-Apo Reef National Park
13. Orang Eropa pertama yang mengunjungi Filipina adalah penjelajah Portugis, yaitu Ferdinand Magellan
semestafakta-Ferdinand Magellan
14. Kota Tacloban, kota yang paling parah dihantam topan, dikenal karena perannya dalam Perang Dunia II, yaitu menjadi pangkalan militer utama Amerika dan kota pertama yang dibebaskan oleh Jenderal Douglas MasArthur dari Angkatan Kerajaan Jepang. Pada waktu itu Tacloban menjadi ibu kota Filipina sedangkan Manila masih di bawah kontrol Jepang.
15. Kota Tacloban juga kota kelahiran pendiri Filipina, Imelda Marcos.
semestafakta-imelda marcos
16. Titik tertinggi di Filipina adalah Mount Apo, di Mindanao, yang tingginya mencapai 2.954 m.
semestafakta-Mount Apo
17. Sekitar 80% penduduk Filipina penganut Katolik.
18. Filipina memiliki latar belakang etnik yang berbeda-beda, terutama campuran Malaysia, China, Spanyol, Amerika, dan lain-lain.
19. Filipina dan budayanya sangat dipengaruhi oleh budaya Amerika. Amerika sangat kental mempengaruhi budaya dan bahasa Filipina selama penguasaannya dari tahun 1898 sampai 1946. Banyak orang Barat merasa di rumahnya sendiri ketika mengunjungi Filipina.
20. Nama Filipina diberikan oleh penjelajah Spanyol, Ruy Lopez de Villaloboz. Namanya untuk menghormati dan mengenang Raja Spanyol Philip II.
semestafakta-Spanish King Philip II
21. Nama ibu kota Filipina, Manila, adalah bunga putih yang tumbuh dari pohon mangrove, yang dikenal dengan nama nilad. “May nilad” dapat diartikan dengan ‘ada nila di sana’
22. Dari tahun 1521 sampai 1898, Filipina adalah jajahan Spanyol. Setelah itu kepulauan tersebut menjadi jajahan Amerika.
23. Sekitar 25 tahun sebelum buku pertama dicetak di Amerika, adalah buku Tagala, yaitu kamus Filipina-Spanyol telah terlebih dahulu dicetak pada tahun 1613.
24. Filipina adalah negara dengan tingkat diaspora penduduknya yang tinggi di dunia, yang mencapai lebih dari 11 juta orang.
25. Parit laut terdalam di dunia adalah Parit Mindanao yang berada di dasar Samudera Pasifik, yang mencapai kedalaman 6,5 mil.
semestafakta-Mindanao Trench
26. Sungai bawah tanah terpanjang di dunia yang dapat dilayari adalah sungai bawah tanah Puerto Princesa yang ada di Palawan. Sungai ini berupa sungai di bawah gunung kapur sepanjang 8,2 km. Yang khas dari sungai ini adalah angin bisa mengalir ke dalam gua sebelum mengalir langsung ke Laut Cina Selatan.
semestafakta-puorto princesa
27. Air terjun terbesar di Filipina adalah air terjun Maria Cristina di Lanao Del Norte yang berlokasi di bagian selatan Filipina.
semestafakta-Maria Cristina
28. Danau terbesar di Filipina yang luasnya mencapai 900 kilometer persegi adalah Laguna de Bay, yang berloksi di antara provinsi Rizal dan Laguna.
semestafakta-laguna de bay
29. Ada tiga pantai Filipina yang terkenal di dunia, yaitu pantai Boracay, Dakak, dan Siargao.
semestafakta-boracaysemestafakta-dakak
30. Mutiara terbesar yang pernah ditemukan adalah bernama “Mutiara Allah” atau “Mutiara Lao-Tzu”. Mutiara ini ditemukan oleh seorang penyelam Filipina di Tridacna besar di Laut Palawan pada tahun 1934. Mutiara ini beratnya 40 pond.
semestafakta-Pearl of Allah
31. Filipina dianggap sebagai “negara teks dunia” (text capital of world). Seiap harinya, ada 35 juta pelanggan handphone negara tersebut mengirimkan sekitar 450 juta pesan singkat (SMS). Ini melebihi jumlah keseluruhan pesan singkat harian di Amerika dan Eropa secara bersamaan.
semestafakta-text capital
32. Dari 10 mall top dunia, ada 3 mall berada di Filipina, yaitu SM Megamall, SM North Edsa, dan SM Mall of Asia
semestafakta-SM Megamall
33. Meski faktanya daratan Filipina itu 1/30 nya Amerika, tetapi pantai Filipina membentang sejauh 36.289 km, sedangkan Amerika hanya 19.924 km.
34. Seorang Filipina bernama Roberto del Rosario membuat mesin karaoke pada tahun 1975, namun sebenarnya musisi Jepang telah menemukannya empat tahun lebih awal. Namun Del Rosario yang pertama mematenkan penemuannya tersebut. Oleh Rosario, karaoke artinya “Menyanyi bersama dengan Sistem”. Kemudian karaoke diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang menjadi “Menyanyi dengan tanpa teman”.
semestafakta-Roberto del Rosario
35. Kerang yang paling jarang dan paling mahal di dunia adalah Conus Gloriamaris, yaitu salah satu dari 12.000 spesies kerang laut yang ditemukan di Filipina. Begitu juga, dari 500 spesies karang yang dikenal di dunia, ada sekitar 488 yang bisa ditemukan di Filipina. Harganya bisa mencapai $5.000
semestafakta-Conus Gloriamaaris
36. Rusa tikus Filipina (Tragalus Nigricans) dari Pulau Balabac di Palawan adalah binatang berkuku terkecil di dunia. Secara lokal dikenal dengan Pilandok, yang tingginya hanya 40 cm.
semestafakta-pilandok
37. Elang terbesar di dunia adalah elang Filipina (Pihecophage jeffery), yang terkenal dengan Elang pemakan Kera.
semestafakta-Pithecophaga jefferyi
38. Ular terpanjang di dunia dapat ditemukan di Filipina adalah ular Reticulated Python (Python reticulatus), yang bisa tumbuh sampai 28 kaki atau 8,7 meter.
39. Tarsier Filipina dianggap sebagai primata terkecil di dunia. Ukurannya hanya 12 cm panjangnya. Dua mata besarnya tidak dapat bergerak dan tidak mempunyai tapetum, yakni lapisan otot pelindung bagian atas.
semestafakta-Philippine Tarsier (Tarsius syrichta)
40. Buaya air laut (Crocodylus porosus), yang ditemukan di Filipina adalah reptile terbesar di dunia.
semestafakta-Crocodylus porosus
41. Dwarf Goby (Pandaka pygmaea) adalah ikan air tawar terkecil kedua di dunia. Ukurannya hanya 1,2 cm dan merupakan hewan vertebrata yang terkecil kedua.
semestafakta- Pandaka pygmaea
42. Kelelawar terbesar di dunia adalah Kelelawar Besar Bermahkota Emas (Acerodon jubatus). Kelelawar ini jarang dan merupakan kelelawar buah yang berbahaya yang hanya ditemukan di Filipina. Kelelawar ini memiliki panjang sayap 1,5 meter dan beratnya mencapai 1,2 kg dan dikenal dengan Kelelawar Buah Bertopi Emas (Golden-capped Fruit Bat)
semestafakta-Acerodon jubatus
43. Remis besar (Tridacna gigas) yang ada di pantai Filipina adalah moluska berkelopak dua terbesar dan beratnya bisa mencapai 200 kg (440 pond), besarnya bisa mencapai 1,2 meter dan bisa hidup sampai 100 tahun lebih.
semestafakta-Tridacna gigas
44. Pada tahun 2002, sepasang sepatu terbesar dibuat di Kota Marikina. Pnjangnya 5,3 meter, lebarnya 2,4 meter dan tingginya 2 meter. Biaya pembuatannya mencapai dua juta peso Filipina.
semestafakta-The P2-million shoes
45. Kota San Fernando di provinsi Pampangan pada tahun 2002 membuat lentera Natal terbesar di dunia yang diameternya mencapai 26,8 meter.
semestafakta-world’s largest Christmas lantern
46. Orgen dari bambu di Gereja St. Joseph di Kota Las Pinas adalah Organ bambu terbesar di dunia. Instrumen musik kuno ini dibuat antara tahun 1792 dan 1819. Organ ini mempunyai 174 pipa bambu, 122 buluh horisontal yang terbuat dari logam halus, keyboard 5 oktav, dan 22 kenop yang tersusun berjajar.
semestafakta-bamboo organ at St. Joseph Church -1
47. Penduduk Kota Baguio layak berbangga karena bisa membuat salad terbesar di dunia, yang menghabiskan tiga ton campuran sayuran yang tersusun.
semestafakta-world’s largest salad
48. Jembatan terpanjang di Filipina adalah Jembatan Juanico yang berlokasi di Selat San Juanico. Jembatan ini menghubungkan pulau Samar dan Leyte di Visayas.
semestafakta-juanico bridge
49. Paus John Paul II memanjatkan doa terhadap lima juta orang Filipina pada 18 Januari 1995 di Luneta Park di Manila. Peristiwa ini tercatat dalam the Guinness Book of World Records sebagai Kumpulan Paus Terbesar (the Biggest Papal Crowd) pada waktu itu
50. Suku Tianjin dan Integ, yang tinggal di pegunungan Filipina utara, melakukan saling berciuman dengan cara khusus, yaitu melipatkan bibir bersamaan kemudian bernafas dengan cepat.
semestafakta-ianjin and intag tribe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dianggap Menjadi Stadion Termegah Di Indonesia. Ini Listnya

OMNIA SLOT - Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia. Oleh karena itu, tidak aneh jika banyak sekali sta...