Selasa, 04 Februari 2020

Fakta Negara Vietnam, Rakyatnya suka Makan Darah Hewan

FAKTA MENARIK TENTANG VIETNAM

semestafakta-vietnam flag

1. Vietnam di bawah pemerintahan China hampir 1000 tahun, sampai tahun 938

semestafakta- Map of vietnam

2. Orang Vietnam tidak mandi di pagi hari. Mereka mandi di sore hari.
3. Orang Vienam akan tidur sebentar setelah makan siang. Ini berarti bepergian dari jam 12 siang sampai 1 sore benar-benar menyenangkan karena tidak ada kemacetan.
4. Orang Vietnam memakai helm bukan karena demi keselamatan tapi karena agar tidak ditilang oleh polisi lalu lintas.
5. Orang Vietnam ketika pertama kali bertemu akan mempertanyakan tentang usia, asal negara, dan status perkawinan
6. “Nguyen” pada nama depan atau belakang adalah yang paling banyak dipakai di Vietnam. 7 dari 10 orang Vienam memakai nama ini.
7. Kebanyakan orang Vietnam lebih suka memakai sepeda motor daripada mobil untuk aktivitas sehari-hari, karena besarnya beban pajak yang diterapkan pada mobil.
8. Ketika orang Vietnam minum teh atau air (apapun), mereka selalu meninggalkan 5 sampai 10% sisa dalam cangkir setelah minum. Mereka tidak menghabiskan sampai tidak ersisa.
9. Es teh gratis di sebagian besar restoran di Vietnam. Disediakan juga dalam bentuk teh panas
10. Vientam adalah daratan yang berbentuk huruf S. penduduk Vietnam sangat bangga akan hal ini. Mereka sering berceria kepada orang asing tentang hal ini ketika mereka pergi ke luar negeri atau ketika mereka mengajak untuk mengunjungi Vietnam. Jika kamu datang ke Vienam, kamu akan sering mendengar kata-kata “Selamat datang ke pulau berbentuk S yang indah dan ramah…”.
11. Pantai di Vietnam terkenal keindahannya, seperti pantai Nha Trang, Mui Ne atau Phu Quoc

semestafakta-Nha Trangsemestafakta-Mui Ne 

12. Ha Long Bay dianggap sebagai pemandangan ang paling indah di seluruh Vietnam. Terdiri dari 1.969 pulau yang terletak di Teluk Tonkin. Zona ini terkenal karena pemandangan lautnya yang spektakuler. Ha Long Bay termasuk dalam World Natural Heritage Site oleh UNESCO, di samping juga taman nasional Phong Nha-Ke Bang.
semestafakta-Ha Long Bay 

13. Nyonya Ngo Dinh Nhu masuk dalam ranking wanita paling elegan abad 20.

semestafakta-Ngo Dinh Nhu 

14. Vietnam adalah satu-satunya negara di dunia yang penduduknya suka makan darah binatang (Tiet Canh). Darah yang paling disukai adalah darah babi, darah bebek, darah anjing, dan darah udang.
semestafakta-tiet canhsemestafakta-tiet canh-2

15. Vietnam adalah negara yang penduduknya paling banyak mengkonsumsi mie instant di Asia. Bahkan melebihi Jepang sebagai negara produsen mie instant dan mempunyai banyak jenis mie, misalnya Pho, vermicelli (Bun), mie rumput (Mien), mie beras (Banh Da). Juga mempunai 2 versi yang berbeda: mie putih dan mie merah, ka tieu (Hu tieu) yang terkenal di Vietnam selatan, mie telur (Mi Van Than) dan mie instant
semestafakta-instant noodlesemestafakta-instant noodle-3

16. Balut (Trung Vit Long) atau telur bebek atau telur ayam yang telah dibuahi selama tiga minggu, dengan embrio di dalamnya adalah makanan yang sangat populer di Asia, juga di Vietnam, bahkan Vietnam mempunyai balut yang tertua (berusia 19-21 hari)

semestafakta-balutsemestafakta-balut-2 

17. Vietnam mempunai apel bintang (vú sũa) yang paling baik di dunia
18. Vietnam mempunyai kue yang bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Ada sekiar 200-an jenis kue, yang terkenal di dunia adalah Bán Chung (kue kotak) atau bán gai

semestafakta-Bán Chung -2semestafakta-Bán Chung

19. Makanan pavorit untuk even keluarga adalah Spring Rolls, yang terbuat dari tepung beras, daging, vegie, telur, dan bumbu-bumbu yang sangat mengundang selera

semestafakta-spring rolls
20. Salah satu karya tulisan Vietnam yang paling terkenal adalah The Tale of Kieu, yang ditulis oleh Nguyen Du, 1766-1820, yang terdiri dari 3.254 ayat dan telah diterjemahkan dan diadaptasikan untuk film dan musik yang berbeda-beda.
semestafakta-The Tale of Kieu
21. Dan Nhi adalah salah satu instrumen musik tradisional yang populeryang mirip dengan biola. Dimainkan dengan nada staccato pendek atau nada panjang.
semestafakta-Dan Nhi
22. Ada ratusan festival lokal, dan yang terbesar adalah Tet yang dirayakan pada hari pertama musim semi atau tahun baru.
semestafakta-tet festival
23. Cyclos adalah bentuk transportasi yang sedang tumbuh, menyerupai becak dengan tiga roda, yang kedua rodanya berada di depan.
semestafakta-cyclo
24. Pada tahun 1954, Vietnam pecah menjadi dua Komunis di sebelah Utara yang dipimpin oleh Ho Chi Minh, yang beraliansi dengan Vietkong, China dan Uni Soviet, dan Demokratis di sebelah selatan yang didukung oleh Korea Selatan, New Zealand, Thailand, dan Los. Kedua pihak selalu berperang, yang pada akhirnya dimenangkan oleh pihak Komunis dan Vietnam disatukan kembali.
25. Sekitar 70% penduduk yang terbunuh dalam Perang Vietnam adalah para sukarelawan
26. Ada 9.087.000 personel militer yang bertugas selama Perang Vietnam dari 5 Agustus 1964 sampai 7 Mei 1975
27. Ada 2.709.918 tentara Amerika yang terlibat dalam Perang Vietnam
28. Ada 58.148 yang terbunuh dalam perang Vietnam, 75.000 mengalami cacat ringan, 23.214 cacat berat; 5.283 kehilangan lengan; 1081 mengalami banyak amputasi.
29. Sampai 15 Januari 2004, masih ada 1.875 tentara Amerika yang masih dinyatakan hilang di Perang Vietnam
30. Pada akhir Perang Vietnam, kru USS Midway mendorong helikopter seharga $10 juta ke laut karena dek kapal akan digunakan mendarat pesawat evakuasi Cessna.
31. Pada tahun 2005, dokumen NSA mengungkap bahwa insiden Teluk Tonkin kedua, yang digunakan sebagai alasan untuk Revolusi Tonkin (yang menyebabkan Perang Vietnam) adalah tidak pernah terjadi.
32. Pada ahun 1967, para demonsran di Amerika meminta ijin melayang di atas Pentagon setinggi 300 kaki di udara, dengan membawakan lagu dan nyanyian, untuk mengusir setannya dan mengakhiri Perang Vietnam.
33. Selama Perang Vietnam diperkirakan ada 125.000 orang Amerika melarikan diri ke Kanada untuk menghindari wajib militer. Sekiar separohna ang kembali ke Amerika ketika presiden Carter, pada hari pertamanya jadi presiden, menjamin mereka semua tidak diharuskan wajib militer.
34. Congressional Medal of Honor diberikan kepada Peter Lemon, ketika sedang mabuk karena mariuana ketika dia berduel sendirian melawan dua pasukan Vietkong dan mengamankan tentara yang terluka.
semestafakta-Peter Lemon
35. Selama Perang Vietnam, milier Amerika membuat rekaman suara hantu dan suara yang menakutkan unuk tentara Vietkong ang percaya bahwa jika tubuh telah dikuburkan, maka ruh seseorang akan terus bergenatayangan
36. Ada kabar angin bahwa selama Perang Vietnam, orang Vietnam mempunyai kepercayaan takhayul akan Kartu As Sekop, yang dianggapnya sebagai simbol kematian dan mereka akan melarikan diri karena karu As tersebut. Oleh karena itu, perusahaan Kartu Amerika mengirimkan banyak kartu ini ke Vietnam dan menyebarkannya dalam usaha menakut-nakuti Vetkong.
37. Penembak dalam foto eksekusi Vietkong yang kejam ini telah membuka  pizzeria di kota kecil Virginia setelah Perang Vietnam. Orang yang melihat foto ini akan berfikir bahwa dia adalah orang kejam, tetapi sebenarnya dia sedang mengeksekusi pegawai vietkong.
38. Selama Perang Vietnam, tentara Amerika yang terkenal dengan ‘Tiger Force’ rutin memotong telinga para korban untuk dijadikan kalung.
39. Jalan tak beraspal Ho Chi Minh (yang panjangnya dari Laos/Kamboja sampai perbatasan Vietnam) kira-kira sejauh 1000 km (lebih dari 621 mil). Jalan ini dipenuhi hutan belantara kemudian terdiri dari ribuan cabang jalan setapak dan rute tiruan yang digunakan untuk membingungkan tentara Amerika.

semestafakta-The Ho Chi Minh Trail

40. Nama Stasiun Radio Davis di Saigon diambil dari nama orang yang pertama kali terbunuh dalam perang Vietnam, yaitu James Davis yang meninggal pada tahun 1961.

semestafakta-davis statiun 

41. 61% orang terbunuh di Vietnam adalah lebih muda dari 21 tahun dan 11.465 nya di bawah usia 20 tahun.
42. Orang yang termuda yang terbunuh di Vietnam adalah berusia 16 tahun, sedangkan yang tertua adalah 62 tahun.
43. Sejak tahun 1975, hampir tiga kali banyaknya veteran Vietnam yang melakukan bunuh diri daripada yang mati terbunuh dalam Perang Vietnam.
44. Limapuluh delapan ribu lebih orang Amerika yang terbunuh dalam Perang Vietnam dan ada 150.000 lebih yang melkukan bunuh diri sejak perang berakhir.
45. Dari veteran yang sudah menikah sebelum pergi perang ke Vietnam, 38% nya melakukan perceraian setelah sebulan bulan pulang dari Vietnam.
46. Tingkat perceraian di kalangan veteran Vietnam mencapai 90%
47. 500.000 veteran Vietnam ditangkap dan dipenjara karena masalah hukum. Diperkirakan ada 10.000 orang veteran Vietnam yang dipenjara sekarang dan 200.000 bebas bersyarat
48. 40% veteran Vietnam jadi pengangguran dan 25% nya mendapat gaji di bawah 7000 dollar per tahunnya.
49. Amerika membangun tembok memorial veteran Perang Vietnam (Vietnam Veteran’s Memorial). Tembok ini didesain oleh mahasiswa di Yale University, Maya Ying Lin, yang lahir di Athens, Ohio tahun 1959. Desain ini awalnya merupakan hasil dari kontes desain yang dilombakan. Dari 1400 desain yang masuk, desain Maya Ying Lin lah yang masuk sebagai pemenang. Ayahnya melarikan diri dari China pada tahun 1949 ketika Mao-Tse-tung berkuasa di China dan dia menjadi warga negara Amerika. Dia aktif sebagai konsultan perusahaan arsitektur Cooper-Lecky Partnership yang mengerjakan tembok memorial ini. Bangunan ini tidak didanai oleh pemerintah. Di tembok hitam memorial ada 58.267 nama tentara yang terbunuh dalam Perang Vietnam, termasuk nama-nama yang ditambahkan pada tahun 2010.

semestafakta-Maya Ying Lin-2semestafakta-maya lin
semestafakta-Vietnam Veteran’s Memorial

50. Korban yang pertama kali adalah Richard B. Fitzgibbon dari Weymouth Utara, yang terdaftar oleh Departemen Pertahanan Amerika meninggal pada 8 Juni 1956. Namanya tertera di tembok memorial bersama anaknya dari Marine Corps Lance Cpl. Richard B. Fitzgibbon III, yang terbunuh pada 7 September 1965.
52. Dari daftar nama di memorial tersebut ada 39.996 tentara yang berusia 22 tahun atau lebih muda; 8.283 berusia 19 tahun; 3.103 berusia 18 tahun; 12 tentara berusia 17 tahun; 5 tentara yang berusia 16 tahun; satu tentara berusia 15 tahun. Ada 997 tentara yang terbunuh pada hari pertama di Vietnam dan 1.448 tentara yang terbunuh pada akhir Perang Vietnam.
53. Korban terbesar adalah dari Virginia Barat, ada 711 korban tentara yang terpampang di tembok memorial.
54. Selama Perang Dunia II prajurit infanteri di Pasifik Selatan melihat rata-rata 40 hari peperangan dalam 4 tahun. Selama Perang Vietnam seorang prajurit infanteri melihat 240 hari peperangan dalam 1 tahun
55. 86% orang Amerika yang terbunuh adalah ras Kaukasia; 1,2% ras lain, dan 12,5 ras kulit hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dianggap Menjadi Stadion Termegah Di Indonesia. Ini Listnya

OMNIA SLOT - Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia. Oleh karena itu, tidak aneh jika banyak sekali sta...